Sabtu, 06 Februari 2016

Filled Under:

Laporan Individu KuliahKerja Nyata ( KKN ) UNWAHAS

LAPORAN INDIVIDU
KULIAH KERJA NYATA (KKN)
 DI DESA LEBAK PAKIS AJI JEPARA

Dosen Pembimbing Lapangan:
Drs.H.Djazuli,MH




O l e h :
NUR KOMAR
NIM : 126014443

FAKULATAS  AGAMA  ISLAM
UNIVERSITAS WAHID HASYIM SEMARANG
Jl. Menoreh Tengah X/22 Sampangan Semarang
2015




HALAMAN PENGESAHAN


Laporan ini telah disetujui dan disahkan untuk memenuhi tugas Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Wahid Hasyim Semarang (UNWAHAS ) yang ke XIV atas nama :
Nama                           : Nur Komar
NIM                            : 126014443
Fakultas                       : Agama Islam
Jurusan                        : Pendidikan Agama Islam
Mahasiswa Universitas Wahid Hasyim (UNWAHAS ) Semarang yang telah melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Lebak Pakis Aji Jepara, tanggal 27 Juli – 22 Agustus 2015.


                                                                                     Disahkan di      : Lebak
 Tanggal            : 27 Juli 2015


  Mengetahui,
Dosen Pembimbing Lapangan                                         

Drs.H.Djazuli,MH                                                              



KATA PENGANTAR


Segala puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan Individu ini yang berjudul " Pengaruh Hand Fhone Komputer dan Internet terhadap minat membaca al-Quran pada anak di Desa Lebak Pakis Aji Jepara "
Laporan Individu ini dimaksudkan untuk memenuhi tugas mata kuliah Kuliah Kerja Nyata     ( KKN ) Tahun 2015. Secara garis besar Laporan ini berisi tentang Bagaimana upaya meningkatkan Bacaan Al Quran di Lebak .
Dalam kesempatan ini penulis menyampaikan rasa hormat dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada beberapa pihak,di antaranya :
1. Kepada Yang terhormat Kepala Desa Bulungan.
2. Yang terhormat Bapak Drs.H.Djazuli,MH Selaku Dosen Pembimbing  Lapangan KKN.
3. Orang tua dan semua keluarga yang tercinta
4. Dan tak lupa teman-temanku seperjuangan yang KKN di Desa Lebak
 Oleh karena itu saran dari pembaca sangat penulis nantikan, akhirnya semoga makalah ini bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umumnya.

Penulis




DAFTAR ISI








BAB I

PENDAHULUAN


A.     Latar Belakang Masalah

Di zaman modern ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat berkembang pesat,terutama Hand Phone(HP), Komputer dan internet dengan teknologi itu kita maupun siapa saja dapat memanfaatkan teknologi tersebut dimana saja,untuk belajar ataupun bermain sekalipun.
Di samping memiliki kemanfaatan yang banyak,teknologi ini juga memiliki dampak atau efek samping yang serius untuk anak-anak setingkat MTS,mulai menimbulkan malas bersosialisasi dan cenderung untuk pasif.
Yang paling memperihatinkan adalah teknologi tersebut secara tidak langsung telah mengikis kereligiusan anak-anak, dalam arti anak-anak sudah malas berhadapan dengan huruf-huruf Al-Qur’an yang indah itu.
Maka dari itu salah satu cara untuk meminimalisir pengikisan hal tersebut adalah dengan peran aktif maha-siswa dalam rangka mensi’arkan agama islam agar mereka tidak lagi buta dengan huruf-huruf Al-Qur’an, Mahasiswa harus mampu memposisikan diri sebagai media transformasi dan informasi untuk menggugah  kepedulian sosial masyarakat untuk dapat sama-sama membangun masyarakat yang religius.
Untuk itu, kami mahasiswa-mahasiswi Fakultas Agama Islam Universitas Wahid Hasyim Semarang (UNWAHAS), bermaksud mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahun Akademik 2015  yang berlokasi di Desa Lebak kecamatan Pakis Aji kabupaten Jepara di bawah bimbingan kepala jurusan dan dosen pembimbing.Sebagai mahasiswa yang telah dibekali dengan ilmu yang didapat di bangku perkuliahan sudah sepantasnya pula untuk kembali menyumbangkan segala bentuk ilmu dan kemampuan yang ada kepada lingkungan masyarakat.
Alasan Penulis membuat tugas ini karena kondisi anak-anak sangat memprihatinkan karena terpengaruh oleh teknologi, terbukti dengan masih banyak anak-anak setingkat MTS yang masih belum bisa membaca Al-Qur’an.

B.     Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas dapat dirumuskan beberapa masalah sebagai berikut :
1.   Kurangnya kesadaran para Anak-Anak dalam memahami dan membaca Al-Qur’an
2.   Masih banyak Orang tua yang kurang perhatian dalam belajar Agama.

 

C.  Tujuan

Adapun tujuan dari penulisan laporan ini adalah :
1.  Agar Anak-anak dapat membaca al-qur’an dengan baik dan benar.
2.  Agar Para orang tua mereka memperhatikan anaknya dalam belajar agama.

D.  Manfaat Dan Kegunaan

1.  Membantu masyarakat dalam kegiatan keagamaan.
2.  Terciptanya kerukunan hidup intern umat beragama di masyarakat setempat.
3.  Masyarakat terbantu akan akses informasi seputar keagamaan, pendidikan.
4.  Pola kerukunan hidup




BAB II

PEMBAHASAN

A.     Kegiatan yang dilakukan

Pelaksanaan kegiatan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Lebak Pakis Aji Jepara alhamdulillah berjalan dengan lancar, Adapun kegiatan yang sudah berjalan adalah :
1.      Memperkenalkan cara belajar membaca Al-Qur’an yang baik dan benar.
2.      Memperkenalkan do’a sehari – hari
3.      Menghafal surat – surat pendek.
4.      Menanamkan sifat Akhlakul Karimah.

B.     Rekapitulisasi Kegiatan

NO
Hari/Tanggal
Kegiatan
Tempat
Waktu
Jumlah Peserta
1
Sabtu,1 Agustus 2015
Tadarus Al Quran
Musollah An Nur
15.30-17.00
20
2
Sabtu,8 Agustus 2015
Membaca doa harian
Musollah An Nur
15.30-17.00
17
3
Sabtu,15 Agustus 2015
Diskusi Masalah Tajwid
Musollah An Nur
15.30-17.00
23
4
Rabu,19 Agustus 2015
Hafalan Juzz Amma
Musollah An Nur
15.30-17.00
23
5
Sabtu,22 Agustus 2015
MenjelaskandanMengaplikasikan tentang Ahlakul Karimah
Musollah An Nur
15.30-17.00
20


C.     Rincian Biaya

Untuk biaya anggaran perlengkapan pembelajaran selama KKN membutuhkan biaya sebanyak 300.000 karena banyak sarana dan prasarana yang belum lengkap .


D.     Hasil Kegiatan

Berdasarkan kegitan yang sudah terlaksana di atas, dapat menghasilkan sebagai berikut :
1.   Anak mampu membaca dan memahami Al-Quran dengan baik dan lancar walaupun hanya sebagian siswa.
2.      Anak mampu mengimplementasikan do’a – do’a dalam sehari – hari.
3.   Anak dapat menghafal surat – surat pendek walaupun hanya sebagian surat yang       dihafal.
4.      Anak mampu mengimpelementasikan sifat akhlakul karimah dalam kehidupan sehari – hari dan mampu menghormati orang tua.

E.     Hambatan dan Cara Mengatasinya

1. Hambatan

Selamakegiatan berlangsung penulis menemukan beberapa hambatan diantaranya:
1.      Ada Anak yang kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran.
2.      Minimnya buku pegangan untuk Anak

.      2. Cara Mengatasi

Setelah melihat hambatan yang ada di atas, maka penulis mengambil langkah – langkah untuk mrngatasi masalah atau hambatan tersebut antara lain :
1.    Memberikan perhatian dan motivasi pada anak yang kurang aktif.
2.   Membagikan buku secara menyeluruh kepada setiap Anak sehingga santri mampu belajar dengan baik tanpa mengganggu temannya



 

BAB III

PENUTUP



A.          SIMPULAN


Berdasarkan pembahasan yang ada di atas maka dapat penulis simpulkan :
1.  Bahwa masih banyak Anak yang belum mampu membaca dan memahami al-Qur’an dengan baik dan benar terbukti masih ada Anak yang membacanya masih lambat.
3.  Pembelajarannya sulit diterima karena sarana dan prasarananya kurang memadai terbukti masalah pembagian buku kurang merata.

B.     SARAN


Bagi warga semoga fasilitas untuk belajar dan kitab-kitab maupun buku bisa di adakan,agar anak-anak semangat dalam belajar,
Dan semoga dengan adanya kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) ini dapat menjadi motivasi bagi Anak- Anak disana sehingga mereka dapat Membaca Al-Qur’an dan Mengamalkan ilmu yang mereka dapat. Amin ya robbal alamin.......





 

LAMPIRAN – LAMPIRAN


       
Gambar 1.ini.jpg Kelompok KKN
2.jpg




 
    
Gambar 2. Membaca Do’a sehari-hari
4.jpg     







Gambar 3.Tartilan Al Quran

1.jpg

                                                                                               









Gambar 4. Ngaji Al Quran


0 komentar:

Posting Komentar