LAPORAN INDIVIDU
KULIAH KERJA NYATA (KKN)
DI DESA LEBAK
PAKIS AJI JEPARA
Dosen
Pembimbing Lapangan:
Drs.H.Djazuli,MH
O
l e h :
NUR KOMAR
NIM
: 126014443
FAKULATAS AGAMA
ISLAM
UNIVERSITAS WAHID HASYIM SEMARANG
Jl. Menoreh Tengah X/22 Sampangan Semarang
2015
HALAMAN PENGESAHAN
Laporan ini telah disetujui dan disahkan untuk memenuhi tugas
Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Wahid Hasyim Semarang (UNWAHAS ) yang ke
XIV atas nama :
Nama : Nur Komar
NIM : 126014443
Fakultas : Agama Islam
Jurusan :
Pendidikan Agama Islam
Mahasiswa
Universitas Wahid Hasyim (UNWAHAS ) Semarang yang telah melaksanakan kegiatan
Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Lebak Pakis Aji Jepara, tanggal 27 Juli – 22 Agustus
2015.
Disahkan di : Lebak
Tanggal : 27 Juli 2015
Mengetahui,
Dosen Pembimbing Lapangan
Drs.H.Djazuli,MH
KATA PENGANTAR
Segala
puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan
rahmat-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan Individu ini yang
berjudul " Pengaruh Hand Fhone
Komputer dan Internet terhadap minat membaca al-Quran pada anak di Desa Lebak
Pakis Aji Jepara "
Laporan
Individu ini dimaksudkan untuk memenuhi tugas mata kuliah Kuliah Kerja
Nyata ( KKN ) Tahun 2015. Secara
garis besar Laporan ini berisi tentang Bagaimana upaya meningkatkan Bacaan Al
Quran di Lebak .
Dalam
kesempatan ini penulis menyampaikan rasa hormat dan terima kasih yang
sebesar-besarnya kepada beberapa pihak,di antaranya :
1.
Kepada Yang terhormat Kepala Desa Bulungan.
2.
Yang terhormat Bapak Drs.H.Djazuli,MH Selaku Dosen Pembimbing Lapangan KKN.
3.
Orang tua dan semua keluarga yang tercinta
4.
Dan tak lupa teman-temanku seperjuangan yang KKN di Desa Lebak
Oleh karena itu saran dari pembaca sangat
penulis nantikan, akhirnya semoga makalah ini bermanfaat bagi penulis khususnya
dan pembaca pada umumnya.
Penulis
DAFTAR ISI
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Masalah
Di
zaman modern ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat
berkembang pesat,terutama Hand Phone(HP), Komputer dan internet dengan
teknologi itu kita maupun siapa saja dapat memanfaatkan teknologi tersebut
dimana saja,untuk belajar ataupun bermain sekalipun.
Di
samping memiliki kemanfaatan yang banyak,teknologi ini juga memiliki dampak
atau efek samping yang serius untuk anak-anak setingkat MTS,mulai menimbulkan
malas bersosialisasi dan cenderung untuk pasif.
Yang
paling memperihatinkan adalah teknologi tersebut secara tidak langsung telah
mengikis kereligiusan anak-anak, dalam arti anak-anak sudah malas berhadapan
dengan huruf-huruf Al-Qur’an yang indah itu.
Maka
dari itu salah satu cara untuk meminimalisir pengikisan hal tersebut adalah
dengan peran aktif maha-siswa dalam rangka mensi’arkan agama islam agar mereka
tidak lagi buta dengan huruf-huruf Al-Qur’an, Mahasiswa harus mampu
memposisikan diri sebagai media transformasi dan informasi untuk menggugah kepedulian sosial masyarakat untuk dapat
sama-sama membangun masyarakat yang religius.
Untuk
itu, kami mahasiswa-mahasiswi Fakultas Agama Islam Universitas Wahid Hasyim
Semarang (UNWAHAS), bermaksud mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahun
Akademik 2015 yang berlokasi di Desa
Lebak kecamatan Pakis Aji kabupaten Jepara di bawah bimbingan kepala jurusan
dan dosen pembimbing.Sebagai mahasiswa yang telah dibekali dengan ilmu yang
didapat di bangku perkuliahan sudah sepantasnya pula untuk kembali
menyumbangkan segala bentuk ilmu dan kemampuan yang ada kepada lingkungan
masyarakat.
Alasan
Penulis membuat tugas ini karena kondisi anak-anak sangat memprihatinkan karena
terpengaruh oleh teknologi, terbukti dengan masih banyak anak-anak setingkat
MTS yang masih belum bisa membaca Al-Qur’an.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang diatas dapat dirumuskan beberapa masalah sebagai berikut :
1. Kurangnya kesadaran para Anak-Anak dalam
memahami dan membaca Al-Qur’an
2. Masih banyak Orang tua yang kurang perhatian
dalam belajar Agama.
C. Tujuan
Adapun tujuan
dari penulisan laporan ini adalah :
1. Agar Anak-anak dapat membaca al-qur’an dengan
baik dan benar.
2. Agar Para orang tua mereka memperhatikan
anaknya dalam belajar agama.
D. Manfaat Dan
Kegunaan
1. Membantu masyarakat dalam kegiatan keagamaan.
2. Terciptanya kerukunan hidup intern umat
beragama di masyarakat setempat.
3. Masyarakat terbantu akan akses informasi
seputar keagamaan, pendidikan.
4. Pola kerukunan hidup
BAB II
PEMBAHASAN
A. Kegiatan yang dilakukan
Pelaksanaan
kegiatan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Lebak Pakis Aji Jepara
alhamdulillah berjalan dengan lancar, Adapun kegiatan yang sudah berjalan
adalah :
1. Memperkenalkan cara belajar membaca
Al-Qur’an yang baik dan benar.
2. Memperkenalkan do’a sehari – hari
3. Menghafal surat – surat pendek.
4. Menanamkan sifat Akhlakul Karimah.
B. Rekapitulisasi Kegiatan
NO
|
Hari/Tanggal
|
Kegiatan
|
Tempat
|
Waktu
|
Jumlah Peserta
|
1
|
Sabtu,1 Agustus 2015
|
Tadarus Al
Quran
|
Musollah An Nur
|
15.30-17.00
|
20
|
2
|
Sabtu,8 Agustus 2015
|
Membaca doa harian
|
Musollah An Nur
|
15.30-17.00
|
17
|
3
|
Sabtu,15 Agustus 2015
|
Diskusi Masalah Tajwid
|
Musollah An Nur
|
15.30-17.00
|
23
|
4
|
Rabu,19 Agustus 2015
|
Hafalan Juzz Amma
|
Musollah An Nur
|
15.30-17.00
|
23
|
5
|
Sabtu,22 Agustus 2015
|
MenjelaskandanMengaplikasikan tentang
Ahlakul Karimah
|
Musollah An Nur
|
15.30-17.00
|
20
|
C. Rincian Biaya
Untuk biaya
anggaran perlengkapan pembelajaran selama KKN membutuhkan biaya sebanyak
300.000 karena banyak sarana dan prasarana yang belum lengkap .
D. Hasil Kegiatan
Berdasarkan
kegitan yang sudah terlaksana di atas, dapat menghasilkan sebagai berikut :
1. Anak
mampu membaca dan memahami Al-Quran dengan baik dan lancar walaupun hanya
sebagian siswa.
2. Anak mampu mengimplementasikan do’a –
do’a dalam sehari – hari.
3. Anak dapat menghafal surat – surat pendek
walaupun hanya sebagian surat yang dihafal.
4. Anak
mampu mengimpelementasikan sifat akhlakul karimah dalam kehidupan sehari – hari
dan mampu menghormati orang tua.
E. Hambatan dan Cara Mengatasinya
1. Hambatan
Selamakegiatan
berlangsung penulis menemukan beberapa hambatan diantaranya:
1. Ada Anak yang kurang aktif dalam
mengikuti pembelajaran.
2. Minimnya buku pegangan untuk Anak
. 2. Cara Mengatasi
Setelah
melihat hambatan yang ada di atas, maka penulis mengambil langkah – langkah
untuk mrngatasi masalah atau hambatan tersebut antara lain :
1. Memberikan perhatian dan motivasi pada anak
yang kurang aktif.
2. Membagikan
buku secara menyeluruh kepada setiap Anak sehingga santri mampu belajar dengan
baik tanpa mengganggu temannya
BAB III
PENUTUP
A.
SIMPULAN
Berdasarkan
pembahasan yang ada di atas maka dapat penulis simpulkan :
1. Bahwa
masih banyak Anak yang belum mampu membaca dan memahami al-Qur’an dengan baik
dan benar terbukti masih ada Anak yang membacanya masih lambat.
3. Pembelajarannya
sulit diterima karena sarana dan prasarananya kurang memadai terbukti masalah
pembagian buku kurang merata.
B. SARAN
Bagi
warga semoga fasilitas untuk belajar dan kitab-kitab maupun buku bisa di
adakan,agar anak-anak semangat dalam belajar,
Dan
semoga dengan adanya kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) ini dapat menjadi
motivasi bagi Anak- Anak disana sehingga mereka dapat Membaca Al-Qur’an dan
Mengamalkan ilmu yang mereka dapat. Amin ya robbal alamin.......
LAMPIRAN – LAMPIRAN
Gambar
1.
Kelompok KKN
Gambar
2. Membaca Do’a sehari-hari
Gambar
3.Tartilan Al Quran
Gambar
4. Ngaji Al Quran
0 komentar:
Posting Komentar